Minggu, 08 November 2009

Sekeping "Surga" di Kebun Kopi...

Ada sebuah daerah yang terletak di antara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Orang-orang menamakannya Kebun Kopi, tapi jangan salah, karena di sana tidak ada perkebunan kopi. Entah bagaimana asal muasal nama itu, munkin dulunya daerah itu adalah areal perkebunan kopi. Ah, itu bukan sesuatu yang penting...

Bagi saya, yang menarik dari Kebun Kopi adalah pemandangan alam yang disajikannya. Indah, mempesona mata, ditambah segarnya udara pegunungan yang membuat betah berlama-lama menikmatinya. Udaranya dingin, tidak kalah dengan Malino (Sebuah objek wisata di SulawesiSelatan), sayangnya pemerintah setempat belum melihat potensi daerah Kebun Kopi sebagai objek wisata. Padahal, kalau dikelola dengan baik, daerah ini bisa saja bersaing dengan daerah Puncak di Bogor. Bahkan daerah ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh Malino dan Puncak, sebagian daerah Kebun Kopi masuk dalam areal hutan lindung dengan berbagai jenis flora dan fauna yang khas, seperti kayu eboni (kayu hitam), kayu kuning, monyet, dan burung Rangkong Sulawesi (penduduk setempat menyebutnya Burung Allo) yang berbulu indah.
Tidak kalah menariknya adalah perkebunan para petani sayur yang berbentuk senkedang di lereng-lereng pebukitan, ini bisa menjadi agro wisata. Para petani menanam berbagai sayur dan buah-buahan yang mungkin tidak akan tumbuh di tempat lain, seperti wortel, kol, sawi, buncis, alpukat, dan banyak lainnya. Jadi, jangan heran kalau anda lewat, anda akan melihat banyak kios petani yang menjual sayur dan buah-buahan segar hasil kebun mereka. Eh, kalau kita beruntung, kita bisa menemukan penjaja madu lebah hutan asli, yang lansung diperas dari sarangnya....!
Kalau anda berada di sana pada waktu pagi, maka anda dapat merasakan segarnya embun pagi pegunungan yang menyegarkan. Kalau sore hari, daerah ini diselimuti kabut tipis yang memberi nuansa indah tersendiri... Tidak salah, kalau daerah ini disebut "Sekeping Surga"!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"Sekeping surga"...
pasti surga yang dijanjikan Allah akan lebih indah dan tak terbayangkan sebelumnya...