Kamis, 12 November 2009

26 Tahun, Refleksi Perjalanan Hidupku...

Tak terasa, mungkin itu kata yang paling tepat untuk usiaku yang genap 26 tahun menurut perhitungan masehi. Rasanya, baru kemarin ayahku mengantarku ke sebuah SD di sebuah desa di Kab. Pinrang untuk medaftarkanku agar bisa mendapatkan pendidikan dasar. Rasanya, baru kemarin aku bersenda gurau dengan teman-teman SMP-ku, mendiskusikan kerajinan dari sabuk kelapa sebagai tugas prakarya kami. Rasanya, baru kemarin aku dihukum menghitung panjang lapangan basket dengan batang korek api oleh seniorku ketika mengikuti orientasi siswa baru di SMA. Rasanya, baru kemarin juga aku berpusing ria mengutak-atik rumus kalkulus di semester pertama kuliahku. Semua, rasanya baru kemarin!
Tapi itulah waktu, ia berlalu tanpa terasa. Kita diam, bergerak, tidur, berdiri, duduk, sang waktu tidak pernah berhenti menunggu kita sedetikpun, ia akan tetap berlalu tanpa pernah peduli pada apapun yang kita lakukan. Maka, merugilah orang-orang yang mengabaikannya...
Kini, di suatu hari yang Allah telah takdirkan...Tanggal kelahiranku berulang untuk ke-26 kalinya, sebuah angka yang pasti akan dihizab oleh-Nya kelak di akhirat. Maka, haruskah aku bahagiah dengan itu? Apakah aku harus berpesta dengan meniup lilin yang tertancap di atas kue tar? "Hizablah dirimu, sebelum engkau dihizab," demikian pesan Umar bin khattab radiallahu 'anhu.
Setelah shalat jum'at, aku bersimpuh. Merenungi umur yang mana yang bisa kubanggakan di hadapan-Nya? Amalan apa yang pantas aku sebut, untuk mengaku sebagai ummat Rasul-Nya? Ya Allah, hanya Rahmat dan Ampunan-Mu yang bisa menyelamatkanku...
Sungguh, hari ini terbayang berjuta maksiat yang telah kulakukan, terkenang kembali wajah orang-orang yang telah terzalimi. Maksiat yang akan menghimpit kelak di alam kubur, dan orang-orang yang akan menuntut qisas kelak di yaumil mizan... Astagfirullah...
Ya Allah, aku bersyukur akan umur yang telah Engkau karuniakan kepadaku, dan aku berharap keistiqamahan dalam hidayah-Mu....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

amiinnn......

Anonim mengatakan...

amiinnn......

Anonim mengatakan...

keep istiqomah k'...